Keunikan Rumah Adat Aceh

Keunikan Rumah Adat Aceh

Ada banyak keunikan yang memperbedakan rumah Krong Bade atau rumah adat provinsi aceh selain model rumah klasik dari rumah adat Indonesia yang lain. Keunikan rumah adat Aceh itu diantaranya:

1. Berbentuk persegi panjang serta membujur dari arah barat ke timur; mengisyaratkan penduduk Aceh ialah penduduk yang religius.
2. Memiliki gentong air dibagian depan untuk tempat bersihkan kaki mereka yang akan masuk rumah. Ciri ini mempunyai filosofi jika tiap-tiap tamu yang hadir mesti mempunyai kemauan baik saat mau bertamu ke rumah.
3. Terbuat dari beberapa bahan alam, adalah lambang jika penduduk suku Aceh mempunyai kedekatan dengan alam.
4. Memiliki tangga yang anak tangganya salalu memiliki jumlah ganjil, adalah lambang mengenai karakter religius dari penduduk suku Aceh.
5. Strukturnya rumah panggung mempunyai peranan menjadi perlindungan anggota keluarga dari serangan binatang buas.
6. Memiliki banyak ukiran serta lukisan pada dinding rumah, mengisyaratkan penduduk Aceh ialah penduduk yang begitu menyukai keindahan dan akan memperkuat arsitektur rumah klasik tentunya.

Fungsi Rumah Adat Provinsi Aceh

Rumah Klasik
Tidak hanya mempunyai manfaat menjadi identitas budaya, rumah Krong Bade ikut mempunyai manfaat praktis yakni menjadi tempat tinggal penduduk provinsi Aceh. selain desain rumah klasik untuk mendukung manfaat praktisnya itu, rumah adat Aceh ini dibagi jadi beberapa ruang dengan manfaatnya semasing, yakni:

• Ruang Depan atau biasa juga disebut seuramoë keuë. Ruang ini berperan menjadi ruangan saat santai serta tempat berisirahat untuk semua anggota keluarga. Tempat ini pula dipakai menjadi tempat terima tamu.

• Ruang Tengah atau juga biasa disebut seuramoë teungoh. Ruang ini ialah ruangan inti dari satu rumah adat Aceh (ruangan inong) serta di tandai dengan lantai yang tambah tinggi dari ruangan depan. Sebab termasuk juga ruangan pokok, jadi ruang ini terbilang sangatlah privat. Beberapa tamu yang hadir tidak pernah diperbolehkan untuk memasukinya. Manfaat dari kamar-kamar yang ada di ruangan tengah ini diantaranya menjadi tempat tidur kepala keluarga, kamar anak, ruang kamar pengantin, dan menjadi ruangan pemandian mayat saat ada bagian keluarga yang wafat.

• Ruang Belakang atau biasa dikatakan sebagai seurameo likot. Ruang ini ialah ruang yang berperan menjadi tempat makan, dapur, serta tempat bercengkrama untuk sesama anggota keluarga. Lantai ruang ini umumnya lebih rendah di banding lantai rangan tengah. Sama seperti ruangan depan, ruangan belakang ikut tidak mempunyai kamar-kamar.

• Ruang bawah Rumah Krong Bade dipakai untuk menaruh beberapa barang pemilik rumah seperti padi atau hasil panen yang lain. Bisa dikatakan jika ruangan bawah berperan menjadi gudang. Ruangan bawah ikut digunakan untuk menyimpan alat penumbuk padi. Diluar itu, ruangan bawah ikut pusat kegiatan buat golongan wanita yakni membuat kain khas Aceh serta menjadi tempat jual kain itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *